WELCOME IN MY EDUCATION I T

SEMOGA BERMANFAAT DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Semakin Mengenalnya Semakin Menambah Kewaspadaan Kita (1)

  Sejarah virus yang mengindap pada komputer menurut catatan Daniel Tynan dari PC World berawal dari tahun1982. Kala itu tersebar melalui disket untuk Apple II dan dinamai Elk Cloner. Pada layar monitor akan terpajang tulisan yang diakhiri dengan kata-kata,”Yes it's Cloner!”

Istilah virus sendiri digunakan mulai tahun 1983 oleh seorang pelajar dari University of Southern California (USC) bernama Fred Cohen. Definisinya adalah program komputer yang bisa mereplikasi dan dapat menghancurkan program. Tapi kebanyakan orang menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus Brain yang justru lahir di tahun 1986.
Wajar saja, soalnya virus ini yang pertama kali menjangkit komputer tipe IBM sehingga cukup menggemparkan mengingat pengguna komputer type ini lebih umum. Virus Brain muncul di tahun 1986 dan tersimpan melalui disket 360KB. File teks yang terdapat di dalamnya juga memuat nama penciptanya dua ber-saudara asal Pakistan, Basit dan Amjad Farooq Alvi. Sebuah virus eksperimental secara tidak sengaja lolos dari labora-torium di Israel. Virus itu bernama Jerusalem dan menyerang pada tanggal 13 hari Jumat. Seluruh program yang terkena pada hari itu akan terhapus.

Mulai saat itu, `virus mulai menguasai dunia. Perkembangannya sangat pesat sekali! berselang satu tahun muncul virus pertama yang menginfeksi file. Biasanya yang diserang adalah file yang bereks-tensi *.exe Virus ini bernama [suriv] termasuk dalam golongan virus "jerussalem". Kecepatan penyebaran-nya cukup 'menggemparkan' untuk saat itu. Tapi virus ini tidak terlalu lama bertahan, virus ini menghantam dan menghajar mainframe-nya IBM cuma setahun.

Sedangkan worm pertama, sejenis virus namun tidak bisa mereplikasi, yang menyebar melalui jaringan internet, muncul tahun 1988. Dibuat oleh mahasiswa S1 Robert Morris Jr, worm menyebabkan kerugian antara 10 hingga100 juta dolar pada sistem 6000 Unix. Pada tahun itu juga muncul serangan besar terhadap Macintosh oleh virus [MacMag] dan [scores], Tahun 1989 ada orang iseng yang ngirim file "AIDS information program" dan celakanya, begitu file ini dibuka, yang didapat bukannya info tentang AIDS, tapi virus yang mengenskrypsi harddisk dan meminta bayaran untuk kode pembukanya.

Hingga awal dekade 90an jumlah virus yang diketahui baru mencapai 300.Baru pada tahun 1992 virus yang mendapat perhatian besar media massa bernama Michelangelo. Dibuat agar beroperasi pada 6 Maret ( hari kelahiran pelukis mural terkenal dari Italia) virus ini berhasil menjangkiti 5000 hingga 10.000 perangkat komputer.

0 komentar:

Posting Komentar