WELCOME IN MY EDUCATION I T

SEMOGA BERMANFAAT DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Rumah Asri Berteknologi Wifi (1)


Pemasangan Gampang
Harga peranti pendukung Wi-Fi pun memurah, sehingga terjangkau pengguna rumahan. Yang pertama barus tersedia adalah wireless router, sebagai access point untuk membagi akses ke berbagal peranti.

Untuk setiap PC desktop dan laptop yang akan terhubung dengannya, Anda bisa berbelanja kartu wireless model PCI atau PCMCIA. Jika ingin praktis, pakai saja wireless adapter her-port USB.

Router nirkabel bisa ditebus mulai Hp 700.000, sementara harga adaptor kartu PCI nirkabel atau USB nirkabel bervariasi mulai Rp 300.000. Biaya total untuk memasang WLAN bervariasi. Kira-kira mencapai Rp 10 jutaan, berikut perangkat jaringan yang dapat memonitor kegiatan pengguna. Bahkan, dengan peranti buatan lokal, harganya bisa lebih murah lagi.

RT/RW Net, ketika rumah disulap menjadi area hotspot, akses antarperanti menjadi lebih praktis. menghubungkan PC desktop, laptop, dan PDA ke jaringan nirkabel, sehingga bisa digunakan di ruangan mana saja di rumah.

Rumah asri berteknologi tinggi kini memang bukan hanya mimpi, Anda pun dapat mengaplikasikan jaringan yang sama. Ber-Wi-Fi pun akan membuat ruangan-ruangan terlihat cantik, tanpa ada kabel berseliweran yang mengganggu pemandangan.

Aman & Cepat. Walau kebanyakan router dan peranti nirkabel sekarang sudah mendukung standar keamanan jaringan WEP atau WPA, banyak orang tetap meragukannya. Namun tidak banyak penyusup yang mau bersusah payah meng-hack WLAN rumahan.

Mengaktifkan fitur proteksi WPA akan cukup mengamankannya. Memang, WLAN tidak selamanya juga unggul dibanding LAN biasa. Karena bergantung pada sinyal radio, maka koneksi WLAN kadang-kadang melemah jika terhalang sesuatu atau terganggu sinyal perangkat elektronik lain.

Faktor yang tak kalah penting untuk diperhitungkan adalah kecepatan transfer datanya. Standar terbaru WLAN adalah MIMO, yang memiliki kecepatan transfer data hingga 108 Mbps. Standar teranyar itu sering disebut Pre-N atau sebelum 802.1 in. Lebih tinggi sedikit ketimbang kecepatan transmisi data melaiui kabel yang hanya mencapai 100 Mbps.

Peranti nirkabel lama umumnya menggunakan standar 802.11 a, 802.1 ib, dan 802.11 g, yang kalah cepat ketimbang kecepatan transfer via kabel. Yang pertama beroperasi di frekuensi 5 GHz dan hanya mampu memberi kecepatan maksimal 54 Mbps. Standar kedua berkecepatan maksimal 11 Mbps, dan yang ketiga berkecepatan maksimai 54 Mbps.
Keduanya berjalan di frekuensi 2,4 GHz.

Itulah faktanya sekarang. Anda yang menginginkan pemakaian komputer dan peranti digital di rumah kian fleksibel, silakan melirik jaringan nirkabel.

Saling Sapa dan Berbagi Data
Penerapan jaringan Wi-Fi rumahan, lengkap dengan aneka peranti yang bisa Anda manfaatkan di dalamnya.

Siapa bilang jaringan Wi-Fi hanya cocok untuk kantor atau kafe saja? Saat implementasikan ke rumah pun, jaringan nirkabel menyimpan banyak faedah. ini karena tak hanya PC dan laptop saja yang bisa terhubung ke jaringan. Berbagai gadget pun bisa saling terkoneksi. Tengoklah ilustrasi berikut ini.

1PDA
Rata-rata PDA terbaru, terutama pada kelas high-end, dilengkapi fitur Wi-Fi. Kebanyakan masih menggunakan standar 802.11b, namun tetap bisa terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Bila rumah Anda berjaringan nirkabel dan terhubung ke internet, browsing ke situs-situs favorit langsung dari PDA juga bisa.

2Wireless Router
Jaringan konvensional butuh switcher atau router untuk menghubungkan banyak PC dan peranti dalam sebuah jaringan. Jaringan nirkabel pun butuh peranti serupa, namanya wireless router. Selain berfungsi sebagai jembatan komunikasi data, router tersebut juga dapat menghubungkan jaringan nirkabel dan jaringan kabel. Beberapa di antaranya telah dilengkapi dengan modem ADSL, plus fitur pembagi akses internet.

3Ponsel
Selain berhalo-halo, beberapa ponsel terbaru, seperti Nokia N80, dapat terhubung ke jaringan nirkabel untuk mengakses internet, tanpa memboroskan

4Notebook
Kebanyakan notebook teranyar juga punya fasilitas Wi-Fi. Dengan jaringan nirkabel di rumah, Anda bisa menenteng laptop tersebut ke berbagai titik, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga toilet, dan tetap bisa mengakses internet. Oya, notebook lama pun dapat ditambahi fitur Wi-Fi dengan memasang wireless adapter ber-port PCMCIA atau USB.

5Media Center
Koleksi foto, musik, dan video yang kita simpan dalam hard disk PC di ruang sebelah, tetap dapat dinikmati melalui Layar televisi dan peranti audio di ruang keluarga. Alat bantunya adalah perangkat Media Center

Walau belum begitu popular di Indonesia, peranti yang mendukung jaringan nirkabel ini sudah cukup lama masuk tanah air. Beberapa peranti media center yang bisa Anda rujuk, antara lain Pinnacle ShowCenter Wireless G dan Roku SoundBridge M2000, dengan harga antara Rp 3,5 juta hingga Rp 5,5 juta.


6Printer
Mau mencetak tanpa repot menghubungkan kabel ke printer? Gampang, karena saat ini sodah ada printer berfitur Wi-Fi. Salah satunya adalah printer Canon Pixma MP8OOR. Tinggal atur setelan nirkabel pada printer, maka Anda bisa menempatkan-nya di mana saja, tak harus dekat dengan komputer.


7PC Desktop
Layaknya jaringan konvensional, komputer Anda di rumah bisa saling terhubung dalam jaringan nirkabel dengan peranti tambahan bernama wireless adapter. Bentuk peranti tersebut ada yang mirip USB flash disk & kartu PCMCIA, ada pula yang berupa kartu PCI yang harus ditancapkan ke motherboard.

Selain memudahkan berbagi-pakai file dan dokumen antar-PC, dengan menunjuk salah satu PC sebagai server koneksi internet, semua PC juga bisa berinternet ria.

8Wireless Storage
Tak perlu bongkar PC untuk menambahkan hard disk bagi penyimpanan data bersama di jaringan. Pakai hard disk eksternal yang bisa terhubung secara nirkabel, seperti Asus WL-HDD 2.5.

9CCTV

Sistem pengaman rumah pun dapat kita kelola melalui jaringan komputer Berkat kamera DLink DSC-950G, misalnya, Anda bisa memantau kondisi rumah secara nirkabel dan layar monitor. Bahkan, jika LAN di rumah Anda tersambung internet, Anda tetap dapat melihat keadaan rumah saat bepergian ke luar kota.

Kamera
Jepretan kamera digital dan halaman rumah, bisa langsung dikirimkan ke PC untuk diolah atau seketika di cetak ke printer di dalam rumah. Semua bisa Anda lakukan dengan tetap berada di luar rumah via kamera. Salah satu kamera berfitur Wi-Fi dan bisa melakukan hal itu adalah Canon PowerShot SD430.

0 komentar:

Posting Komentar